Basri, Basri and Umar, Najirah and Sitti, Zuhriyah (2020) Pemilihan Media Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru pada STMIK Handayani dengan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Proceding Konik (Konferensi Nasional Ilmu Komputer). ISSN 2338-2899
Text
KONIK 2020-21.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer (STMIK) Handayani mengelola 6 (enam) prodi yaitu, prodi teknik informatika (S1), Sistem Komputer (S2 dan S1), Sistem Informasi (S1), Manajemen Informatika (D3) dan Komputerisasi Akuntansi (D3). Untuk menerima mahasiswa baru tersebut STMIK menggunakan berbagai media promosi, diantaranya media cetak, media elektronik, media online, personal salling, dan pendekatan. pegawai penerimaan mahasiswa baru STMIK Handayani memerlukan suatu sistem untuk menentukan rekomendasi jenis media promosi dari setiap daerah yang sesuai. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan algoritma K-Means Clustering pemilihan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru STMIK Handayani. metode yang digunakan adalah algoritma K-Means Clustering. berdasarkan hasil pengujuan perangkat lunak yang dirancang telah selesai, Algoritma K-Means Clustering digunakan untuk merekomendasikan media promosi yang dilakukan dalam setiap daerah dengan mengelusterkan sesuai dengan pengujian sistem ini 10 kali pergantian pada centroid awal dengan data 276, media cetak 46 media online 55, media elektronik 55, personal salling 60 dan pendekatan 60. menghasilkan rekomendasi media yang efektif C1 pendekatan, C2 Pendekatan, dan C3 Personal salling
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ; |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics |
Divisions: | JURNAL ONLINE |
Depositing User: | Univ. Handayani Makassar |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 03:33 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 03:33 |
URI: | http://repo.handayani.ac.id/id/eprint/166 |
Actions (login required)
View Item |