Pemilihan Media Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru pada STMIK Handayani dengan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering

Basri, Basri and Umar, Najirah and Sitti, Zuhriyah (2020) Pemilihan Media Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru pada STMIK Handayani dengan Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Proceding Konik (Konferensi Nasional Ilmu Komputer). ISSN 2338-2899

[img] Text
KONIK 2020-21.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://sites.google.com/view/konik2020

Abstract

Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer (STMIK) Handayani mengelola 6 (enam) prodi yaitu, prodi teknik informatika (S1), Sistem Komputer (S2 dan S1), Sistem Informasi (S1), Manajemen Informatika (D3) dan Komputerisasi Akuntansi (D3). Untuk menerima mahasiswa baru tersebut STMIK menggunakan berbagai media promosi, diantaranya media cetak, media elektronik, media online, personal salling, dan pendekatan. pegawai penerimaan mahasiswa baru STMIK Handayani memerlukan suatu sistem untuk menentukan rekomendasi jenis media promosi dari setiap daerah yang sesuai. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan algoritma K-Means Clustering pemilihan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru STMIK Handayani. metode yang digunakan adalah algoritma K-Means Clustering. berdasarkan hasil pengujuan perangkat lunak yang dirancang telah selesai, Algoritma K-Means Clustering digunakan untuk merekomendasikan media promosi yang dilakukan dalam setiap daerah dengan mengelusterkan sesuai dengan pengujian sistem ini 10 kali pergantian pada centroid awal dengan data 276, media cetak 46 media online 55, media elektronik 55, personal salling 60 dan pendekatan 60. menghasilkan rekomendasi media yang efektif C1 pendekatan, C2 Pendekatan, dan C3 Personal salling

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ;
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: JURNAL ONLINE
Depositing User: Univ. Handayani Makassar
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:33
Last Modified: 05 Oct 2022 03:33
URI: http://repo.handayani.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item