Pendampingan Dan Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Madrasah Tsanawiah Negeri Gowa

Guntur, Guntur and Umar, Najirah (2022) Pendampingan Dan Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Madrasah Tsanawiah Negeri Gowa. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5. pp. 1659-1668. ISSN 2654-3168

[img] Text
1120-2147-1-SM-PKM GOWA.pdf

Download (479kB)
Official URL: https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/ar...

Abstract

Menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan mudah dipahami akan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Permasalahan utama yang dihadapi Mitra adalah Masih rendahnya Kemampuan guru dalam memvariasikan atau kurang kreatif dalam metode pembuatan bahan ajar, sehingga materi yang diberikan terkesan monoton. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab peserta didik bosan belajar dan dapat menurunkan nilai hasil belajar mereka, t erbatasnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran kreatif berbasis multimedia untuk mendukung proses pembelajaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkenalkan dan membuat bahan ajar berbasis multimedia dengan menggunkan aplikasi Camtasia dan Flip book bagi guru pada MTsN. 1 Gowa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pelatihan, dengan metode ceramah, diskusi dan praktek serta pendampingan pembuatan bahan ajar. Dengan terlaksananya PKM ini ada perubahan tingkat pemahaman dan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi multimedia. Materi yang disampaikan selama kegiatan PKM juga mendapatkan respon yang positif bahkan peserta kegiatan menyatakan bahwa kegiatan ini perlu dilanjutkan dimasa pendatang agar mitra PKM semakin memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menggunakan aplikasi multimedia dalam pembuatan bahan ajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ;
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer
Depositing User: Najirah Umar
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:32
Last Modified: 10 Oct 2022 04:32
URI: http://repo.handayani.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item