PENGGUNAAN TEKNOLOGI JQUERY SEBAGAI FRAMEWORK PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING PRANIKAH

Herlinah, Herlinah and Baso, Habibi and Abd, Rochman (2021) PENGGUNAAN TEKNOLOGI JQUERY SEBAGAI FRAMEWORK PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING PRANIKAH. SEMANTIK (Teknik Informasi), 7 (2). pp. 117-124. ISSN 25028928

[img] Text
Herlinah_Jurnal_SemanTIK.pdf

Download (427kB)
Official URL: http://repo.handayani.ac.id/

Abstract

Pendidikan pranikah merupakan bentuk kepedulian nyata pemerintah terhadap tingginya angka perceraian dan kasus KDRT di Indonesia. Upaya dan kerja keras pemerintah untuk mensosialisasikan agar keluarga bisa memahami dan menerima konsep tujuan keluarga sakinah, dengan cara mengikuti pelatihan kursus pranikah. Materi kursus pranikah diberikan 16 jam pelajaran. Hal tersebut tidak sesuai dengan realitas di lapangan, selain itu model pembelajaran kursus pranikah juga dilakukan secara tradisional konvensional. Olehnya itu untuk menunjang terselenggaranya pendidikan pranikah yang efektif dan efisien maka dibutuhkan suatu inovasi baru untuk meningkatkan minat belajar calon pengantin dalam kegiatan pembelajaran kursus pranikah, dengan pemanfaatan teknologi mobile learning pranikah. Metode Pendekatan yang digunakan adalah metodologi berorientasi objek, dengan mengimplementasikan diagram-daigram UML sebagai pemodelan fungsional, menggunakan bahasa pemrograman Javascript, bahasa backserver database dengan php, serta menggunakan jQuery mobile sebagai pengembang interface. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai suatu inovasi dalam kegiatan pendidikan pranikah berbasis TIK di KUA, serta memberikan kemudahan pada calon pengantin untuk mengakses materi kursus pranikah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ;
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.5 Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Divisions: JURNAL ONLINE
Depositing User: Univ. Handayani Makassar
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:56
Last Modified: 28 Oct 2022 02:56
URI: http://repo.handayani.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item