MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PASANG KATA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BARRU

Nurfaedah, Nurfaedah (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PASANG KATA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BARRU. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Pedagogik, 13 (2). pp. 74-85. ISSN 2355-8075

[img] Text
Jurnal Upload Volume 13 No 2 Juli.pdf

Download (820kB)
Official URL: http://repo.handayani.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi siswa setelah memanfaatkan teknik peta pasang kata siswa kelas XI SMA Negeri 2 Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Barru dengan menerapkan teknik peta pasang kata. Dalam hal teknik menganalisis data, data kualitatif terlebih dahulu diubah ke dalam bentuk data kuantitatif berupa jumlah frekuensi untuk selanjutnya dikategorikan sesuai dengan skala yang digunakan, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang selanjutnya dianalisis dengan sistem komputerisasi. Hasil yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil analisis deskriptif dari hasil tes adalah sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata tingkat kemampuan menulis puisi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Barru pada siklus I pertemuan pertama penerapan teknik peta pasang kata adalah (4,98) dengan standar deviasi (0,89) dari nilai ideal 10,00, dan pada pertemuan II skor rata-rata siswa meningkat menjadi (6,26) dengan standar deviasi (0,86) dari skor ideal 10,00. Selanjutnya pada pertemuan III nilai rata-rata siswa menjadi (6,90) dengan standar deviasi (0,85) dari skor ideal 10,00 dan berada pada kategori tingkat kemampuan tinggi. (2) Terjadi peningkatan hasil belajar dan kemampuan menulis puisi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Barru dengan menerapkan teknik peta pasang kata sebesar (1,28) dari pertemuan I ke pertemuan II dan (0,64) dari pertemuan II ke pertemuan III. Dari hasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Barru mengalami peningkatan setelah menerapkan teknik peta pasang kata

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peningkatan; teknik peta pasang kata; menulis puisi.
Subjects: 300 Social Science > 370 - 379 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: JURNAL ONLINE
Depositing User: Univ. Handayani Makassar
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:14
Last Modified: 01 Nov 2022 07:14
URI: http://repo.handayani.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item