Perancangan Aplikasi Game Education Math Jump Down Menggunakan Algoritma Fuzzy Mamdani Berbasis Android

Hajar, ST (2017) Perancangan Aplikasi Game Education Math Jump Down Menggunakan Algoritma Fuzzy Mamdani Berbasis Android. Undergraduate (S1) thesis, STMIK Handayani.

[img] Text
ST. HAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perancangan aplikasi game ini bertujuan (1) Membuat game edukasi Math Jump Down berbasis android. (2) Mengimplementasikan proses pembelajaran matematika di dalam sebuah game. (3) Menerapkan logika fuzzy mamdani pada pengaturan kecepatan. Dalam permainan Math Jump Down ini sistem menerapkan konsep logika fuzzy mamdani yang dikenal dengan metode min-max. keunikan dari metode ini adalah penilaian dilakukan dengan menggunakan derajat keanggotaan. Derajat keanggotaan tersebut meliputi defuzzifikasi, nilai tentang suatu variable berdasarkan tingkat linguistiknya, misalnya rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian ini adalah sebuah game edukasi math jump down berbasis android. Dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan proses pembelajaran dan motivasi siswa untuk belajar matematika yang dianggap susah. Game ini dapat digunakan sebagai system alternative untuk belajar tambahan dirumah. Game ini menggunakan perangkat lunak Unity3D 4.3 dan aplikasi tambahan Corel Draw.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Game; Kecerdasan Buatan; Logika Fuzzy Mamdani; Unity 3D4.3f; CorelDraw.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Univ. Handayani Makassar
Date Deposited: 26 Jun 2020 01:23
Last Modified: 26 Jun 2020 01:47
URI: http://repo.handayani.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item View Item